Thursday, February 11, 2016

Skema - Cara Membuat Inverter (Sistem 1)

Dalam membuat inverter hal yang perlu diperhatikan adalah susunan atau racikan komponen yang pas akan membuat inverter irit strum, dan hanya mengkonsumsi arus berdasarkan beban saja.
berikut adalah Komponen-komponen yang di butuhkan:

R1,R2,R3,R4,R5 = 2,2 ohm 1/4 watt atau 15 ohm 1/4 watt
R6 & R8             = 5K8 ohm 1/4 watt
R7 & R9             = 330 ohm 1/4 watt
R10                    = 220 ohm atau 330 ohm 1 watt
R11 & 12           = 220 ohm 1/4 watt

C1                     = 4700 UF 16 V
C2 & C3           = 1 UF 50 V

TR1                   = 13003
TR2 & TR3       = MJE 13001 (awas jangan keliru yang bukan MJE13001 jika bukan MJE13001 mbahtedjo tidak menjamin alat akan berfungsi)
                            

D1                     = Dioda 1 Ampere

MOSFET          = IRFZ44N

PERHATIAN: Komponen harus sesuai dengan yang tertera di atas, jika tidak sesuai, maka tidak ada jaminan rangkaian akan berfungsi

Skemanya seperti ini Gan...


Perlu diperhatikan perbedaan letak Basis dan Emitor pada Transistor 13001 yang merek MJE dan yang bukan merek MJE, jangan terbalik pemasangannya karna akan berakibat fatal pada komponen



Sedangkan cara pembuatannya secara detail seperti ini gan... bisa pakai triplek sebagai PCB nya, jika ingin lebih bagus yaa pakai PCB asli. ini hanya contoh simpelnya saja
ini videonya:




88 comments:

  1. SALAM KENAL MBAH TEDJO,SAYA HERU DARI WONOGIRI,,
    MINTA TOLONG DONG MBAH BIKININ SKEMA PENGUAT TEGANGAN BUAT RAKET NYAMUK BIAR LEBIH BESAR,,
    KOMPONEN APA SAJA YANG DIBUTUHKAN,BESERTA NILAI KAPASITAS KOMPONENNYA,,
    SAYA PENGEN BER EKSPERIMEN SEPERTI MBAH TEDJO,,
    TERIMA KASIH MBAH TEDJO,TAK TUNGGU SKEMANYA,,,;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Delete
  2. oke.. Mas Heru... Tunggu aja.. nanti mbahtedjo upload di youtube cara membuat raket nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbah tejo mohon maaf mbah kl boleh saya minta nonya mbah tejo mbah..

      Delete
  3. Mbahthedjo salam kenal saya anto dari malang mbah, mau nanta itu inverter out put nya berapa watt mbah... Matur sembah nuwun...

    ReplyDelete
  4. Oh iya mbahtedjo sama mau nanya setrum ikan untuk air laut bisa gak ya?.. Suwunn

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di jawab di youtube kan... :)

      Delete
    2. ass mbah,, mbah saya minat inverter mt155 skalian sma trafo stepup nya.. saya mau beli mbah, di jual brpa harganya mbah ? terimakasih..

      Delete
  5. Oh iya mbahtedjo sama mau nanya setrum ikan untuk air laut bisa gak ya?.. Suwunn

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum
    Saya imam dari plemahan kediri, Mbah tedjo boleh minta no hp buat tanya2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsallam:
      ini gan nomernya 081366606587

      Delete
    2. Alhamdulillah bisa komunikasi di sini. Oh ya maaf mami safi plemahannya mana ya mbah ? bisa minta nomor hp nya biar bisa tukar pendapat. Nih saya juga blajar dari mbah tedjo.

      Delete
    3. Mbah tedjo mami safi ada no HP nya nggak ya. Sama sama kedirinya mbah mungkin bisa saling isi. Matur nuwun.

      Delete
  7. Assalamualaikum mbah, mau tanya ini kalo miisal komponen inferter nya :
    R1-R5 = 2,2 OHM 1/2 W
    R6,R8 = 5K6 OHM 1/2 W
    R10 = 330 OHM 1/2 W
    R11,R12 = 220 OHM 1/2 W
    C1 = 4700 U 35 V
    C2,C3 = 1 U 50 V
    TR1 = E13003
    TR2,TR3 = MJE 13001
    D1 = IN4002
    MOSFET = IRFZ44N
    Kira-kira bisa nggak mbah,saya kesulitan nyari komponennya mbah di toko sini pada nggak punya yang sesuai dengan skema mbah TEDJO,suwun,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, mas heru..
      maaf baru bales...
      kalau elko 4700 uf 35v ga papa mas kalau resistor nya yang 1/2 watt saya belum nyoba.. pasang aja mas nanti tes dulu pakai adaptor 12 volt, jangan langsung pakai aki

      Delete
  8. Assalamualaikum mbah, mau tanya ini kalo miisal komponen inferter nya :
    R1-R5 = 2,2 OHM 1/2 W
    R6,R8 = 5K6 OHM 1/2 W
    R10 = 330 OHM 1/2 W
    R11,R12 = 220 OHM 1/2 W
    C1 = 4700 U 35 V
    C2,C3 = 1 U 50 V
    TR1 = E13003
    TR2,TR3 = MJE 13001
    D1 = IN4002
    MOSFET = IRFZ44N
    Kira-kira bisa nggak mbah?
    saya kesulitan nyari komponennya mbah di toko sini pada nggak punya yang sesuai dengan skema mbah TEDJO,suwun,,

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum mbah, mau tanya ini kalo miisal komponen inferter nya :
    R1-R5 = 2,2 OHM 1/2 W
    R6,R8 = 5K6 OHM 1/2 W
    R10 = 330 OHM 1/2 W
    R11,R12 = 220 OHM 1/2 W
    C1 = 4700 U 35 V
    C2,C3 = 1 U 50 V
    TR1 = E13003
    TR2,TR3 = MJE 13001
    D1 = IN4002
    MOSFET = IRFZ44N
    Kira-kira bisa nggak mbah?
    saya kesulitan nyari komponennya mbah di toko sini pada nggak punya yang sesuai dengan skema mbah TEDJO,suwun,,

    ReplyDelete
  10. assalamuallikum mbah tedjo tolong buatkan inverter buat las listrik yang rangkaiannya simpel gitu.salam dari banyuwangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.. gan..
      iyaa.. kalau tentang las saya belum begitu paham, nanti saya coba buatkan gan..

      Delete
    2. Sama aku mbah....kalau tentang las listrik saya juga bingung mbah..hehehehe

      Delete
  11. Assalamualaikum mbah, mau tanya ini kalo miisal komponen inferter nya :
    R1-R5 = 2,2 OHM 1/2 W
    R6,R8 = 5K6 OHM 1/2 W
    R10 = 330 OHM 1/2 W
    R11,R12 = 220 OHM 1/2 W
    C1 = 4700 U 35 V
    C2,C3 = 1 U 50 V
    TR1 = E13003
    TR2,TR3 = MJE 13001
    D1 = IN4002
    MOSFET = IRFZ44N
    Kira-kira bisa nggak mbah?
    saya kesulitan nyari komponennya mbah di toko sini pada nggak punya yang sesuai dengan skema mbah TEDJO,suwun,,

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum mbah. Inverter ini berapa watt mbah?

    ReplyDelete
  13. Salam Super Mbah Tejo,saya mau tanya harga kawat Supreme Rp.16.000,- itu berapa ons atau roll? Ronnie Cirebon,matur suwun...

    ReplyDelete
  14. Inverter 12V to 220V 1000 watt, Arus 220V tidak keluar tapi kalau di kasih off 220V nya keluar kedip, Kalau di On mati lagi, ada Solusinya Mbah Tedjo, Terima kasih.

    Rico (081288268455)

    ReplyDelete
  15. Assalamu'alaikum mbah tedjo. saya mau nanya, rangkaian diatas kemampuannya berapa Watt ? apa bisa menyalakan sanyo pompa air

    ReplyDelete
  16. asalamualaikum mbah tejo salam knal kira- kira inventer yng pake batre hp 3volt kluar nya ac ada ga mbah?...makasih sblum nya

    ReplyDelete
  17. Assalam.... mbah, salam kenal kami ini dareah trpencil susah dapat komponen, bisa ya kami beli komponen inverter x dari mbah..

    ReplyDelete
  18. Assalam.... mbah, salam kenal kami ini dareah trpencil susah dapat komponen, bisa ya kami beli komponen inverter x dari mbah..

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum mbah, kalo boleh tau bentuk gelombang input sama output inverternya gimanaya mbah? Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  20. Mbah.. Saya liat tentang perbedaan transistor Mje13001 dan 13001 di Alldatasheet.com koq terbalik dari yg mbah jelaskan.. Menurut Alldatasheet.com, kaki Mje13001 adalah B C E dan 13001 kakinya adalah E C B. Bagaimana ini mbah..?? Siapa yg betul..??

    ReplyDelete
  21. ass..mbah aku maw nanya knp strum ikan saya kok gk bisa,kan rangkaian saya primer skunder,tpi setelah pasang smua saya tempelka kaber saklar on of kok gk bisa ya....info nya dong mbah.....

    reply

    ReplyDelete
  22. Mbah bs buat nyalain pompa air gk

    ReplyDelete
  23. Selamat malam mbah...oh ya minta skema inverter yg bisa buat nyalain mesin cuci sama pompa air dong mbah...sekalian komponen/rangkaiannya...tolong ya mbh...mau bljr ...��

    ReplyDelete
  24. mbah tejo... saya mau minta tolong bikinin rangkaian buat atur speed mesin gurinda ... (semacam dimer kali ya) ... mts suwun

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum Mbah Tejo saya sangat tertarik dengan karya2 panjenengan mbok kalau boleh untuk memperlancar hubungan, kalau nggak keberatan minta no Hpnya ini alamat email saya toproyal200@gmail.com sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  27. Mbah bisa ngak rakitkan aku inverter 2000 watt,...biayanya berapa mbah ?

    ReplyDelete
  28. Mbah bisa ngak rakitkan aku inverter 2000 watt,...biayanya berapa mbah ?

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum
    Mbah...mo pesan repeater volt dc or ac 12 volt yg Mbah rangkai tsb diatas...rangkaian yg sudah jadi travo nya sy aja yg beli disini...bisa Mbah...

    ReplyDelete
  30. Slmt malam mbh.... sy sangat kagum dengan karya2 mbah... klw boleh sy pesan strom ikan tnpa platina. Ini pin saya 5791F298.

    ReplyDelete
  31. mbah bisa ga buat charge dari bekas psu komputer,,, kalau bisa di share dong caranya

    ReplyDelete
  32. salam kenal mbah tejo, aku ako dari sumatra, mau nanya kalo rangkain inverter 8800 watt, berbeda tidak dengan rangkain inverter yang wattnya lebih rendah dari 8800 watt, atau malah cuma bermain di trafonya aja, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain Trafo Mosfetnya juga harus di ganti dengan kemampuan bekerja pada arus (Ampere) besar pula

      Delete
  33. mbah umpamanya ocilatornya di ganti memakai IC NE555 atau 4074 bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ikut jawab.. bisa aja tp klihatanya ic gampang jebol krna medianya air yg di lalui.. monggo mbah tejo yg nglurusin
      ..

      Delete
  34. Mbh..tedjo..ijin minta..sekemanya...oh ia mau tanya mbh..ini..inverter..gelombang sinus..ya..kok.bisa nyalain..mesin.cuci

    ReplyDelete
  35. Mbh..tedjo..ijin minta..sekemanya...oh ia mau tanya mbh..ini..inverter..gelombang sinus..ya..kok.bisa nyalain..mesin.cuci

    ReplyDelete
  36. Mbh..tedjo..ijin minta..sekemanya...oh ia mau tanya mbh..ini..inverter..gelombang sinus..ya..kok.bisa nyalain..mesin.cuci

    ReplyDelete
  37. ass..wr..wb.ijin copas mbahtedjo...

    ReplyDelete
  38. Ass..wrwb.
    Ijin copy artikel.
    Saya butuh experiment.
    Suwun mbah.
    Saya sugeng bocah tegal.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Mbah no.hpnya kok tidak dapat dihub.email(rochmadhid@gmail.com)

    ReplyDelete
  41. assalamu'alaikum, mbah aku izhan dr lmpung, boleh gx aku nyimpen nomor smpean, bwt tanya"

    ReplyDelete
  42. assalamualaikum mbah... saya minta skemanya yang MT154

    ReplyDelete
  43. mbaaaah tolong dibales mbaaah..

    ReplyDelete
  44. salam kenal mbah bedjo...
    saya yudhi dari bandung... bisa minta tolong buatkan inventer seperti gambar diatas tetapi output travonya terbagi mulai dari 25v 55 110 220 sampai 380v.... tolong ya mabahhh... berapa biayanya nanti saya transferkan.....

    ReplyDelete
  45. ass,,,
    mbah, inventer yang siap dipakai ada gak, kalu ada boleh gak dipesan?
    mohon dibalas

    ReplyDelete
  46. Assalamu'alaikum Mbah Tejo salam kenal nih dr Dedi wong Bekasi, suxes mbah dengan segala experimentnya sy slalu ngikutin apa yang terbaru dari Mbah Tejo. dua buah skema inverter IRFZ44 IR510 sudah saya salin di lactop sy dan sudah sy buatkan di PCB, nanti sm Mbah di koreksi barang kali ada yang salah. Matur suwun Mbah, kl ada nomber hp Mbah. tolong di cantumin

    ReplyDelete
  47. Napa youtubenya diblokir ya mbah??? ada masalah apa ya? bikin lagi mbah siap subcribe lagi..

    ReplyDelete
  48. Mbah slam knal ajh tlng bikin alat las listrik dong. Ary vicky cirebon

    ReplyDelete
  49. Mbah kok tutup kemana...mau order mbah..

    ReplyDelete
  50. mo nanya ni mbh., saya nemu tr di lampu philips nmr 13001 dan 13003,tapi bukan mje,kira'' bisa di pakek apa tidak


    ReplyDelete
  51. saya nemu tr pada lampu phplips nmr 13001 dan 13003 tapi bukan mje,kira'' bisa nggak mbah

    ReplyDelete
  52. asallamualaikum...
    mbah boleh di buatin sekema ff induksi pdc buat setrumikan mbah..

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum...mbah tedjo..semangat terus mbah...ilmunya semakin bermanfaat. Aamiin... Salam kenal dari saya sulton_tsaamir Lamongan

    ReplyDelete
  54. Asalamualaikum mbah aku mau nanya resistornya yg 5k8 bisa d ganti 6k8/ 8k2 bisa gak mbah?

    ReplyDelete
  55. Mbah tedjo yth,mohon kasih skema mt 157 yg strong,atas blsnya trm ksh

    ReplyDelete
  56. Selamat sore mbah, saya redi dari palembang nih, saya sudah berexperimen setrum ikan tanpa platina? Tapi kok setelah jadi, yang saya buat relay nya gak hidup, swict on off nya gak fungsi, jdi api nya langsung ke air( ikan nya mati begitu 10kalian saya colokan di aki ( jadi begitu saya colokan ke aki min dan plus nya, api langsg nyosor gitu aja) saya mohon dengan sangat mbahtedjo apa kesalahan saya dan di mana? Ni email saya, ( redinurandi@gmail.com) trimakasih sebesar2 nya ilmu mbah sangat bermanfaat bagi saya yang pemula

    ReplyDelete
  57. Selamat sore mbah, saya redi dari palembang nih, saya sudah berexperimen setrum ikan tanpa platina? Tapi kok setelah jadi, yang saya buat relay nya gak hidup, swict on off nya gak fungsi, jdi api nya langsung ke air( ikan nya mati begitu 10kalian saya colokan di aki ( jadi begitu saya colokan ke aki min dan plus nya, api langsg nyosor gitu aja) saya mohon dengan sangat mbahtedjo apa kesalahan saya dan di mana? Ni email saya, ( redinurandi@gmail.com) trimakasih sebesar2 nya ilmu mbah sangat bermanfaat bagi saya yang pemula

    ReplyDelete
  58. Mbah,saya mau beli inventernya berapa harganya Mbah makasih,082302330959

    ReplyDelete
  59. Assalamuallaikum... Mbah..
    Mu naya klo mosfet y di ganti irf 640?

    ReplyDelete
  60. mbah saya juga mau beli inverternya berapa harganya dan gimana caranya saya Tangerang - Banten Hp 085215147479 terimakasih

    ReplyDelete
  61. assalamuaikum mbah tejo kalau tegangannya yang masuk 1.5 v atau menggunakan batu menjadi 220v bagaimana cara membuatnya mbah

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. mbah tejo bisa dibuatkan osilatornya saja kalau trafo saya punya. nati saya beli dan kirim via pos. mohon hub no 083867610003. soalnya saya buat gagal terus. kayaknya karena tr 13001 nya bukan mje

    ReplyDelete
  64. Mbah...klo yg di youtube, resistor pda kaki collector tr 13001 nilai nya 5k6.klo di skema 5k8.itu yg bner yg mna.?

    Trimakasih sbelumnya

    ReplyDelete
  65. skali kali bikin skema yg ic sg 3525 mbah

    ReplyDelete
  66. mbah mau tanya kalo pake trafo 10 Amper
    bisa gak? trimakasi sebelumnya

    ReplyDelete
  67. slm kenal mbh, sya sllu update dri yutub

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum wr wb , Mbah Tedjo mohon di buat Panduan Pembuatan Inverter Tie On Grid , yang intinya dari solar cell masuk inverter tanpa menggunakan Baterai karena mahal jadi langsung tersambung ke PLN atau Instalasi rumah agar Pemakaian Listrik dari PLN nya lebih Irit

    ReplyDelete
  69. Kiye arep takon inyonge Mbah....
    Angger arep nganggo trafo sing 6v tok (bekas UPS) bisa ora...?
    Trus nganggo skema sing kaya ngapa...?

    ReplyDelete
  70. Mbah,,,bisa gak mbah saya pengen bli kit sitapa mt157

    ReplyDelete